12 Bagian Umat dan Kaum Pada Hari Kiamat

Rasulullah Saw pernah ditanya tentang makna firman Allah SWT:yaitu hari yang pada waktu itu ditiup sangkakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok. Mendengar pertanyaan ini Rasulullah Saw menangis, kemudian beliau bersabda: "wahai orang yang bertanya, kamu bertanya kepadaku tentang perkara besar. Pada waktu itu, adalah hari kiamat, di mana kaum dan umatku dikumpulkan menjadi 12 bagian.   

  1. Bagian Pertama:Mereka dikumpulkan dalam bentuk kera.Mereka adalah orang-orang yang suka memitnah.
  2. Bagian Kedua:Mereka dikumpulkan dalam bentuk celeng. Mereka ini adalah orang yang suka makan barang haram.
  3. Bagian Ketiga:Mereka dikumpulkan dalam keadaan buta. Mereka juga digantung oleh manusia lain. Mereka ini adalah orang-orang yang melewati batas dalam hukum.
  4. Bagian Keempat:Mereka dikumpulkan dalam keadaan tuli dan bisu. Mereka adalah orang yang menyombongkan diri dengan amal perbuatannya.
  5. Bagian Kelima:Mereka dikumpulkan dengan mulutnya mengalir nanah, dan mereka menanam lidahnya. mereka ini adalah para ulama yang menyimpang antara perkataan dengan perbuatannya.
  6. Bagian Keenam:Mereka dikumpulkan dengan kondisi tubuhnya penuh dengan luka dari api neraka. Mereka ini adalah orang yang menjadi saksi dengan kedustaan.
  7. Bagian Ketujuh:Mereka dikumpulkan dengan keadaan telapak kakinya berada di dahinya, diikatkan pada jambul kepalanya, dan bau mereka sangat busuk seperti bangkai. Mereka ini adalah orang-orang yang mengikuti syahwat dan kelezatan, serta keharaman.
  8. Bagian Kedelapan:Mereka dikumpulkan dalam keadaan mabuk, yang jalannya jatuh bangun ke kanan dan ke kiri. Mereka ini adalah orang-orang yang mencegah hak Allah SWT.
  9. Bagian Kesembilan:Mereka dikumpulkan dengan memakai celak dari tembaga merah. Mereka ini adalah orang yang tidak menjauhkan diri dari perbuatan ghibah.
  10. Bagian Kesepuluh:Mereka dikumpulkan dengan keadaan lisannya ke luar dari tengkuknya. Mereka ini adalah orang-orang yang mengadu domba.
  11. Bagian Kesebelas:Mereka dikumpulkan dalam keadaan mabuk. Mereka ini adalah orang-orang yang suka membicarakan keduniaan di dalam mesjid.
  12. Bagian Keduabelas:Mereka dikumpulkan dalam bentuk celeng. Mereka ini adalah orang-orang yang suka memakan barang riba.   

(((Sumber Bacaan:Buku 100 Berita dari Kubur Penulis Haqiqi Alif)))

Komentar

Baca Juga

Cara Mencetak Daftar SP2D OM SPAN Per Nomor SP2D atau Satu Persatu

Mengatasi Masalah Aplikasi Simak BMN Was Compiled in a different version of FoxPro

Kapan PMK Nomor 78/PMK.02/2017 Diberlakukan?

APLIKASI TUKIN 2016 SATKER/DAERAH FOR KEMENTERIAN AGAMA